Selasa, 04 April 2017

Contoh RPP




Contoh RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SMA Negeri 3 Kota Serang
                                          Mata Pelajaran            : Fisika
                                          Kelas/Semester            : XI IPA/II
                                          Tahun Pelajaran           : 2018/2019
                                          Topik                           : Karakteristik Gelombang
                                          Sub Topik                    : Persamaan gelombang berjalan dan gelombang tegak
                                          Waktu                         :  2 x  45 menit


 
I.            Kompetensi Inti :
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 
3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ramah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
 
II.          Kompetensi Dasar dan Indikator :
·         Kompetensi Dasar
3.11 Menganalisis besaran-besaran fisis gelombang tegak dan gelombang berjalan pada berbagai kasus nyata   

·         Indikator
1.      Memahami definisi gelombang
2.      Mengetahui jenis-jenis gelombang
3.      Mengetahui definisi gelombang berjalan
4.      Memahami persamaan gelombang
5.      Mengetahui fase gelombang
III.            Tujuan Pembelajaran :
Setelah melakukan pembelajaran diharapkan peserta didik dapat memahami persamaan gelombang berjalan.


IV.            Materi Pembelajaran
·         Gelombang adalah osilasi atau getaran yang merambat pada suatu medium tanpa diikuti perambatan bagian-bagian itu sendiri.

·         Gelombang berdasarkan berubah atau tidaknya amplitudo gelombang atas dibagi menjadi 2, yaitu:
1.      Gelombang Berjalan (gelombang yang merambat dengan amplitudo tetap)
2.      Gelombang Tegak (gelombang yang merambat dengan amplitudo berubah)

·         Gelombang berjalan merupakan jenis gelombang yang memiliki sifat amplitudo yang sama pada tiap titik yang dilalui)

atau
maka,


Ket:     A = Amplitudo getaran di titik asal  O(m)
            t   = lama titik asal O telah bergetar (s)
              = frekuensi  sudut (s-1)
            y   = simpangan getaran di titik sembarang
              = fase gelombang untuk titik asal getaran O

Y
                                             λ
          o
V.            Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Pendekatan ilmiah (scientific approach)
Model              : Direct Instruction
Metode            : 1. Ceramah
2.    Diskusi


VI.            Media dan Sumber Belajar
1.      Media
a.       Papan Tulis
2.      Sumber Belajar
a.       Buku ajar fisika kelas XI
b.      Sumber referensi lain yang relevan


VII.            Langkah – Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Kegiatan
Waktu
1.      Pendahuluan
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,memeriksa kehadiran siswa, kemudian melakukan:
                  
v  Apersepsi
Guru mengajukan pertanyaan :
·         Apa yang dimaksud dengan gelombang?
                     
v  Motivasi
Guru memaparkan sedikit hal dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan gelombang, kemudian bertanya:
·         Jadi, apa yang dimaksud gelombang?
      
v  Informasi
Guru menginformasikan kompetensi inti,  kompetensi dasar dan indikator yang harus siswa capai setelah melakukan pembelajaran.

10 menit
2.    Kegiatan Inti
v  Eksplorasi
Dalam eksplorasi,
·         Siswa menyimak gambaran yang diberikan guru mengenai gelombang
·         Mendiskusikan beberapa jenis dan contoh gelombang
·         Siswa mencari contoh untuk membedakan gelombang berjalan dan gelombang tegak

v  Elaborasi
·         Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal dengan mencontohkan cara penyelesaiannya.
·         Siswa menerapkan prinsip-prinsip persamaan gelombang dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan
·         Siswa menyajikan hasil pemecahan masalah melalui perwaklilan beberapa orang
                          
v  Konfirmasi
·         Siswa diingatkan prinsip penting, yaitu cara menentukan fase gelombang dan asal getaran
70 menit
3.      Penutup
·         Siswa diberi kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran dan hasil belajar yang telah mereka peroleh.
·         Siswa diberikan tugas mengenai gelombang.
·         Kemudian guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
      
10 menit
















VIII.            Penilaian
-          Jenis penilaian             : tugas individu
-          Bentuk            Instrumen        : Essay

1.      Format Penilaian Lembar Kerja Siswa
No.
Soal
Jawaban
Nilai Maks
1.
Sebuah gelombang berjalan memenuhi persamaan y = 0,20 sin 0,40(60t-x) dengan x dan y dalam cm dan t dalam sekon.
Tentukan
a.  Amplitudo gelombang
b. Frekuensi gelombang
Diketahui : y = 0,20 sin 0,40(60t-x)
Ditanya : a. Arah perambatan gelombang
b.Amplitudo gelombang
Jawab
y = 0,20 sin 0,40(60t-x)
   = 0,20 sin [(0,40)(60t) – 0,40]
   = 0,20 sin (24-0,40)


a. Amplitudo 

b.Frekuensi gelombang
Karena kecepatan sudut  , maka

100




2.      Format Penilaian Afektif

No
Nama Siswa
Pakaian
Kerjasama
Keberanian
Keseriusan dalam belajar
Hormat kepada guru
Nilai total

















































Keterangan :
            A = Baik                                 C = Kurang
            B = Sedang                             D = Buruk




Serang ,  25 Februari 2019


Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Fisika

Nurhesa Mutiara





















RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : SMAN 5 CILEGON
Kelas / Semester          : XI / Ganjil
Mata Pelajaran            : Fisika
Materi Pokok              : Usaha dan Energi
Sub topik                    :  Hubungan Usaha dan Energi Kinetik
Alokasi Waktu            : 2 X 45 menit
A.    Kompetensi Inti
KI1      : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut.
KI2      : Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai), santun, responsive, pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI3      : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemasnusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait dengan penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya dalam memecahkan masalah.
KI4      : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1  Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya
melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdisku
3.3 Menganalisis konsep energi, usaha, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi untuk menyelesaikan permasalahan gerak dalam kejadian sehari-hari

C.    INDIKATOR
1.      Menjelaskan tentang energi kinetik
2.      Menjelaskan hubungan usaha dengan perubahan energi kinetik
3.      Mendiskusikan tentang hubungan antara usaha dan energi kinetik dalam menyelesaikan berbagai peristiwa sehari-hari

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran ini siswa diharapkan mampu memahami tentang energi kinetik, hubungan usaha dengan perubahan energi kinetik dan mampu memberikan contoh hubungan antara usaha dan energi kinetik dalam menyelesaikan peristiwa sehari-hari.

      E.  MATERI
Energi kinetik
Energi pada benda yang bergerak disebut energi kinetik. Kata kinetik berasal dari bahasa yunani, kinetikos, yang artinya “gerak”. ketika benda bergerak, benda pasti memiliki kecepatan. Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa energi kinetik merupakan energi yang dimiliki benda karena gerakannya atau kecepatannya.
Secara matematis dirumuskan sebagai berikut:
EK =


Hubungan usaha dengan perubahan energi kinetik
Benda dikatakan bergerak jika ada gaya yang bekerja pada benda itu dan benda mengalami perpindahan sehingga melakukan usaha. Besarnya usaha yang dilakukan benda merupakan perubahan energi kinetik pada benda.
Secara matematis dirumuskan sebagai berikut.
W =
W = EK2 -EK1
Keterangan:
W = usaha yang dilakukan oleh benda (J)
Ek1 = energi kinetik awal benda (J)
Ek2 = energi kinetik akhir benda (J)
Contoh hubungan usaha dan energi kinetik dalam kehidupan sehari-hari
1.      Kendaraan bergerak
2.      Pesawat terbang
3.      Orang berenang
4.      Air terjun
5.      Bayi merangkak
6.      Bola menggelinding
7.      Seseorang yang mengetik di computer
8.      Planet berputar mengelilingi matahari


    F.  Model, dan metode pembelajaran
Model              : Problem based learning
Metode            : Diskusi, ceramah, tanya jawab

    G. Media dan Sumber belajar
Media              : papan tulis, penghapus, spidol
Sumber            : Buku paket Fisika Kelas XI

   H. Kegiatan pembelajaran
1. Pendahuluan
·         Guru masuk ke ruang kelas membuka kegiatan belajar dengan mengucapkan salam
·          peseta didik menjawab salam guru
·         Absensi peserta didik.
2. Pembukaan
·         Apersepsi
Guru mengajukan pertanyaan:
Apa yang kalian ketahui mengenai energi dan usaha?
·         Motivasi
Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa:
Apakah air terjun merupakan contoh dari usaha perubahan energi kinetik? Mengapa?


·         Informasi
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.    
3.  Kegiatan inti
·         Eksplorasi
Guru Menjelaskan materi ajar mengenai Energi Kinetik
Guru menjelaskan Hubungan usaha dengan perubahan Energi Kinetik.
Guru mendiskusikan mengenai contoh hubungan usaha dan energi kinetik dalam kehidupan sehari-hari.
·         Elaborasi 
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
Memberikan contoh soal yang akan dikerjakan oleh siswa
·         Konfirmasi
Guru memberikan penguatan mengenai jwaban yang dikerjakan oleh siswa.
Guru menyampaikan kesimpulan mengenai materi yang telah diajarkan.
4. Penutup
Guru memberikan waktu untuk siswa merefleksikan diri setelah proses pembelajaran selesai.
Guru memberitahu materi yang akan disampaikan miggu depan
Guru memandu do’a bersama.
Guru mengucapkan salam.

I. Penilaian Hasil Belajar
Penilaian dilakukan dengan prosedur:
·         Penilaian proses : kehadiran siswa, pengamatan selama proses pembelajaran dan diskusi
·         Penilaian hasil :  Tugas individu (quiz)
1.      Wawan mengayuh sepeda mula-mula dengan kelajuan 1 m/s. Kemudian, kelajuannya ditambah sehingga menjadi 2 m/s. Jika massa sepeda yang dikayuh 15 kg, berapakah usaha yang dilakukan Wawan pada sepedanya?

Pembahasan
Diketahui :
v1 = 1 m/s
v2 = 2 m/s
m = 15 kg
Ditanya :
W = ...?
Jawab : Ek1 =  
=  .15 kg . 12  m/s2
= 7,5 kg 1 m/s2 = 7,5 J
Ek2 =  
=  .15 kg . 2  m/s2
= 7,5 kg 4 m/s2 = 30 J
W = EK2 – EK1
= 30 J – 7,5 J = 22,5 J
Jadi, usaha yang dilakukan Wawan pada sepedanya sebesar 22,5 joule.




















  Format penilain afektif
No
Nama siswa
kerjasama
Keseriusan
Keaktifan
Nilai rata”
Keterangan
1






2






3






4






..







Rentang nilai
81-100 = A (amat baik)        
61-80   = B  (baik)                                
            41-60   = C  (cukup)
21-40   = D  (kurang)
0-20   = E   (kurang baik)


                                                                                               







                                                                                                            Serang, 07 maret 2017
Guru mata pelajaran



                                                                                                            Nurhesa Mutiara



Tidak ada komentar:

Posting Komentar