RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMA Negeri 2 Kota Serang
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/1
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
Topik : Hukum Kepler
Sub
Topik : Gerak Planet
Waktu : 60 menit
I.
Kompetensi
Inti :
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleransi, damai), santun, responsif, dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ramah konkret dan abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
II.
Kompetensi Dasar dan Indikator :
·
Kompetensi Dasar
3.2 mengevaluasi pemikiran dirinya terhadap keteraturan gerak
planet dalam tatasurya berdasarkan hukum newton.
·
Indikator
1.
Menganalisis
gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler.
2.
Memahami Hukum
I Keppler.
3.
Memahami Hukum
II Keppler.
4.
Memahami Hukum
III Keppler.
5.
Menganalisis
kesesuaian hukum-hukum Keppler dengan hukum gravitasi Newton.
III.
Tujuan Pembelajaran
:
Setelah melakukan pembelajaran
diharapkan peserta didik dapat menganalisis gerak planet berdasarkan hukum
Keppler dan kesesuaiannya dengan hukum gravitasi Newton.
IV.
Materi Pembelajaran
·
Bunyi
Hukum I Keppler “Semua planet bergerak
pada lintasan elips mengitari matahari dengan matahari berada di salah satu
elips”.
·
Bunyi
Hukum II Keppler “Suatu garis khayal yang
menghubungkan matahari dengan planet menyapu luas juring yang sama dalam selang
waktu yang sama”.
·
Bunyi
Hukum III Keppler “Perbandingan kuadrat periode
terhadap pangkat tiga dari setengah sumbu panjang elips adalah sama untuk semua
planet”.
Dengan persamaan :
=
k
Keterangan: T =
Periode
r = Radius
K = konstanta
·
Bunyi
Hukum Gravitasi Newton “Setiap partikel
di alam semesta ini akan mengalami gaya tarik satu dengan yang lain. Besar gaya
tarik menarik ini berbanding lurus dengan masa masing-masing benda dan
berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antar keduanya”
·
Persamaan
Hukum Gravitiasi Newton adalah
F = G [(m1.m2)/r]
Keterangan
: F = gaya tarik-menarik antara dua benda (N)
m1 = massa benda 1 (kg)
m2 = massa benda 2 (kg)
G
= tetapan grvitasi (m/s2)
r = jarak kedua benda (m)
V.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan ilmiah (scientific approach)
Model : Direct instruction
Metode : 1. Ceramah
2. Diskusi
VI.
Media
dan Sumber Belajar
1. Media
a. Laptop
b. Papan
Tulis
2. Sumber
Belajar
a. Buku
ajar fisika kelas XI
b. Sumber
referensi lain yang relevan
VII.
Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
1. Pendahuluan
· Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.
· Guru
mengkondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran
dengan cara meminta peserta didik mebersihkan papan tulis dan merapihkan
tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran serta alat tulis yang diperlukan.
· Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh didalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.
· Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
v Apersepsi
Guru mengajukan
pertanyaan
· Apa itu percepatan gravitasi ?
v Motivasi
· Guru memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan gravitasi
dalam kehidupan sehari-hari. Dan bertanya, Mengapa bulan tidak jatuh ke bumi
sedang daun yang massa nya relatif ringan dapat jatuh ke permukaan bumi ?
v Informasi
Guru
menginformasikan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator yang
harus dicapai setelah melakukan pembelajaran.
|
10 menit
|
2. Kegiatan Inti
v
Eksplorasi
·
Siswa menyimak pemaparan serangkaian
materi yang diberikan guru.
v Elaborasi
· Guru meminta
siswa untuk mengerjakan soal dengan mencontohkan cara penyelesaiannya.
· Siswa
menerapkan prinsip-prinsip persamaan hukum newton dan/atau
keppler
dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan
· Siswa
menyajikan hasil pemecahan masalah melalui perwaklilan beberapa orang
v Konfirmasi
Siswa
diingatkan prinsip penting, yaitu cara menentukan gravitasi dengan persamaan yang ada.
|
40 menit
|
3. Penutup
·
Siswa diberikan kesempatan untuk
melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran dan hasil belajar
yang mereka peroleh.
·
Guru memberikan motivasi agar siswa
belajar lebih giat lagi. Kemudian,
·
Guru menutup pembelajaran dengan
mengucapkan salam.
|
10 menit
|
VIII.
Penilaian
-
Jenis
penilaian : tugas individu
-
Bentuk/ Instrumen : Tes Essay
1. Format Penilaian
Lembar Kerja Siswa
NO
|
SOAL
|
NILAI
|
1
|
Jarak rata-rata
antara Mars-Matahari adalah 1,524 kali jarak antara
Bumi-Matahari. Berapa tahunkah waktu yang diperlukan Mars untuk untuk
mengitari Matahari sebanyak satu kali putaran ?
Jawab
=1,524
atau
= 1,524
Hukum
III Kepler :
= k
=
=
------------à
= 1’5243
=
= 1,881
= 1,881
= 1,881 tahun
|
100
|
2.
Format
Penilaian Afektif
No
|
Nama Siswa
|
Pakaian
|
Kerjasama
|
Keberanian
|
Keseriusan dalam belajar
|
Hormat kepada guru
|
Nilai total
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
A =
Baik C =
Kurang
B =
Sedang D =
Buruk
Serang
, 12 Oktober 2020
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Fisika
Syamsul Hidayat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar