Selasa, 04 April 2017

RPP Hukum Kepler



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SMA Negeri 2 Kota Serang
                                          Mata Pelajaran           : Fisika
                                          Kelas/Semester           : XI/1
                                          Tahun Pelajaran          : 2019/2020
                                          Topik                          : Hukum Kepler
                                          Sub Topik                   : Gerak Planet
                                          Waktu                         :  60 menit
 

I.          Kompetensi Inti :
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 
3.   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ramah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

 
II.        Kompetensi Dasar dan Indikator :
·       Kompetensi Dasar
3.2 mengevaluasi pemikiran dirinya terhadap keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum newton.


·       Indikator
1.     Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler.
2.     Memahami Hukum I Keppler.
3.     Memahami Hukum II Keppler.
4.     Memahami Hukum III Keppler.
5.     Menganalisis kesesuaian hukum-hukum Keppler dengan hukum gravitasi Newton.

III.          Tujuan Pembelajaran :
Setelah melakukan pembelajaran diharapkan peserta didik dapat menganalisis gerak planet berdasarkan hukum Keppler dan kesesuaiannya dengan hukum gravitasi Newton.


IV.          Materi Pembelajaran
·       Bunyi Hukum I Keppler “Semua planet bergerak pada lintasan elips mengitari matahari dengan matahari berada di salah satu elips”.
·       Bunyi Hukum II Keppler “Suatu garis khayal yang menghubungkan matahari dengan planet menyapu luas juring yang sama dalam selang waktu yang sama”.
·       Bunyi Hukum III Keppler “Perbandingan kuadrat periode terhadap pangkat tiga dari setengah sumbu panjang elips adalah sama untuk semua planet”.
Dengan persamaan :
 = k
Keterangan: T = Periode
                        r  = Radius
                        K = konstanta
·       Bunyi Hukum Gravitasi Newton “Setiap partikel di alam semesta ini akan mengalami gaya tarik satu dengan yang lain. Besar gaya tarik menarik ini berbanding lurus dengan masa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antar keduanya”
·       Persamaan Hukum Gravitiasi Newton adalah

F = G [(m1.m2)/r]
            Keterangan : F = gaya tarik-menarik antara dua benda (N)
                                     m1 = massa benda 1 (kg)
                                     m2 = massa benda 2 (kg)
                                    G = tetapan grvitasi (m/s2)
                                     r = jarak kedua benda (m)

V.          Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Pendekatan ilmiah (scientific approach)
Model : Direct instruction
Metode            : 1. Ceramah
2.   Diskusi


VI.          Media dan Sumber Belajar
1.     Media
a.      Laptop
b.     Papan Tulis
2.     Sumber Belajar
a.      Buku ajar fisika kelas XI
b.     Sumber referensi lain yang relevan


VII.          Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
1.     Pendahuluan
·       Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.
·       Guru mengkondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik mebersihkan papan tulis dan merapihkan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran serta alat tulis yang diperlukan.
·       Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh didalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.
·       Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

v Apersepsi
Guru mengajukan pertanyaan
·       Apa itu percepatan gravitasi ?

v Motivasi
·       Guru memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan gravitasi dalam kehidupan sehari-hari. Dan bertanya, Mengapa bulan tidak jatuh ke bumi sedang daun yang massa nya relatif ringan dapat jatuh ke permukaan bumi ?


v Informasi
Guru menginformasikan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator yang harus dicapai setelah melakukan pembelajaran.

10 menit
2.     Kegiatan Inti
v Eksplorasi
·       Siswa menyimak pemaparan serangkaian materi yang diberikan guru.
v Elaborasi
·       Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal dengan mencontohkan cara penyelesaiannya.
·       Siswa menerapkan prinsip-prinsip persamaan hukum newton dan/atau keppler dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan
·       Siswa menyajikan hasil pemecahan masalah melalui perwaklilan beberapa orang
                          
v Konfirmasi
Siswa diingatkan prinsip penting, yaitu cara menentukan gravitasi dengan persamaan yang ada.

40 menit
3.     Penutup
·       Siswa diberikan kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran dan hasil belajar yang mereka peroleh.
·       Guru memberikan motivasi agar siswa belajar lebih giat lagi. Kemudian,
·       Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
10 menit







VIII.          Penilaian
-        Jenis penilaian                        : tugas individu
-        Bentuk/ Instrumen      : Tes Essay

1.     Format Penilaian Lembar Kerja Siswa
NO
SOAL
NILAI
1
Jarak  rata-rata  antara  Mars-Matahari  adalah 1,524 kali jarak antara Bumi-Matahari. Berapa tahunkah waktu yang diperlukan Mars untuk untuk mengitari Matahari sebanyak satu kali putaran ?

Jawab

=1,524   atau  = 1,524
Hukum III Kepler :  = k
   =
 =   ------------à  = 1’5243
 =  = 1,881

 = 1,881
 = 1,881 tahun

100










2.     Format Penilaian Afektif

No
Nama Siswa
Pakaian
Kerjasama
Keberanian
Keseriusan dalam belajar
Hormat kepada guru
Nilai total

















































Keterangan :
            A = Baik                                 C = Kurang
            B = Sedang                             D = Buruk


Serang ,  12 Oktober 2020


Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Fisika

Syamsul Hidayat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar