Selasa, 04 April 2017

Asesmen Respon Terbatas/ Pengelolaan Pendidikan



MAKALAH
ASSESMEN RESPON TERBATAS

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran
Dosen Pengampu Mata Kuliah :
Dina Rahmi Darman M.Pd.
Disusun oleh :
Rini Aulia (2280150005)
Amalia Fitriyani (2280150012)
Sinda Intandiana (2280150023)
Fauziyyah Nurjannah (2280150031)


JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
SERANG-BANTEN



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt yang telah memberikan kekuatan, keseempatan dan atas kasih sayang yang telah dicurahkan-Nya kepada kita semua , sehingga tugas makalah Assesmen Respon Terbatas” dapat diselesaikan guna memenuhi tugas evaluasi pembelajaran yang sedang kami ampu sebagai mahasiswa pendidikan fisika semester empat.
Tak lupa sholawat teriring salam senantiasa kita doakan semoga Allah selalu mencurahkannya kepada baginda nabi besar Muhammad Saw, para keluarga, sahabat dan kita ummatnya hingga akhir zaman nanti, aamiin.
Kami menyadari, masih terdapat banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini, karenanya kami mohon maf atas tidak sempurnanya makalah ini, itu semua karena kami yang masih dalam tahap belajar serta referensi sumber yang masih terbatas juga kemampuan kami yang masih perlu berlatih.
Harapan kami, semoga makalah ini bisa menjadi tambahan ilmu serta wawasan para pembaca.

Serang, Maret 2017
                                                                                                                              
Penulis




DAFTAR ISI
Kata Pengantar ........................................................................................ii
Daftar Isi ................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang ................................................................................. 1
1.2  Rumusan Masalah ........................................................................... 2
1.3  Tujuan .............................................................................................. 2

1.4  BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Assesmen Respon Terbatas  .......................................... 3
2.2 Kelebihan dan Kekurungan Assesmen Respon Terbatas ................ 4
2.3 Jenis-Jenis Tes Assesmen Respon Terbatas ................................... 5
2.4 Pengembangan Assesmen Respon Terbatas ................................... 6

BAB II PENUTUP
Kesimpulan ............................................................................................ 7
DaftarPustaka



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
         Asesmen dalam pembelajaran adalah suatu proses atau upaya untuk memperoleh sejumlah informasi mengenai perkembangan siswa selama kegiatan pembelajaran sebagai bahan dalam pengambilan keputusan oleh guru untuk mengetahui dan memperbaiki proses maupun hasil belajar siswa. Dalam konteks pendidikan, pelaksanaan secara asesmen di sekolah merupakan bagian dari proses pembelajaran yakni refleksi pemahaman terhadap perkembangan atau kemajuan siswa secara individual. Pelaksanaan asesmen di sekolah-sekolah dapat meliputi kegiatan mengamati, mengumpulkan, memberi skor/penilaian, mendeskripsikan dan menginterprestasi informasi mengenai proses pembelajaran.
         Asesmen dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan memberikan tugas individu dan menilai keaktifan siswa tersebut belum mampu membuat siswa memiliki keterampilan  menganalisis. Hal ini juga diungkapkan oleh guru yang bersangkutan bahwa keterampilan menganalisis siswa sebagian besar masih sangat rendah bahkan belum memilikinya.






       
1.2 Rumusan Masalah
  1. Apa pengertian asesmen respon terbatas?
  2. Apa kelebihan dan kekurangan assesmen respon terbatas?
  3.  Apa jenis-jenis tes assesmen respon terbatas? 
  4. Bagaimana pengembangan assesmen respon terbatas 

1.3 Tujuan                                                
  1.  Mengetahi definisi asesmen respon terbatas    
  2. Mengetahui kelebihan dan kekurangan assesmen respon terbatas 
  3.  Mengetahui jenis-jenis tes assesmen respon terbatas
  4. Menegtahui pengembangan assesmen respon terbatas





BAB II
PEMBAHASAN

A. Definisi Assesmen Respon Terbatas
              Istilah asesmen (assessment) dalam Stiggins (1994) sebagai penilaian proses, kemajuan, dan hasil belajar siswa (outcomes). Sementara itu asesmen diartikan oleh Kumano (2001) sebagai ”The process of collecting data which is shows the develompment of learning”. Menurut Depdiknas (2005) : Asesmen adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat asesmen untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) peserta didik. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa asesmen merupakan istilah yang tepat untuk penilaian proses belajar siswa. Namun, meskipun proses belajar siswa merupakan hal yang penting yang dinilai dalam asesmen, faktor hasil belajar juga tidak dapat dikesampingkan. Asesmen juga merupakan kegiatan pengumpulan bukti yang dilakukan secara sengaja, sistematis, dan berkelanjutan serta digunakan untuk menilai kompetensi siswa.
              Asesmen menjawab pertanyaan tentang sebaik apa atau prestasi belajar seorang peserta didik. Assesmen respon terbatas responas yaitu bentuk assesment dengan hanya satu pilihan jawaban yang tepat. Assesment respon terbatas umumnya lebih dikenal dengan istilah “penilain objektif atau tes objektif”. Assesmen ini merupakan salah satu jenis tes yang menilai hasil belajar yang terdiri dari butir-butir soal (items) yang dapat dijawab oleh tesee/siswa dengan memilih salah satu (atau lebih) diantara beberapa kemungkinan jawaban yang telah dipasangkan pada masing-masing items atau dengan jalan menuliskan (mengisikan)jawabanya berupa kata-kata atau simbol-simbol tertentu pada temppat atau ruang yang telah disediakan untuk masing-masing butir item yang bersangkutan.


B. Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Assesmen Respon Terbatas
Kelebihan teknik assesmen respon terbatas adalah :

  1. Mempermudah guru untuk segera mendapatkan hasil assesmen nya, mudah mengoreksinya. Hasil ujian dengan model ini dapat segera diketahui. Oleh karena bentuk assesmen ini bnyak digunakan di dunia pendidikan.
  2. Pengoreksian dapat diserahkan orang lain, atau dengan komputer.
  3.  Dalam pengoreksian tidak ada unsur subjektif yang mempengaruhi.
  4. Materi bahan yang diujikan cukup luas, sehingga jumlah soal bisa banyak dan dapat mencapai target kurikulum.
  5. Jumlah banyaknya siswa tidak menjadi masalah
Kekurangan teknik assesmen respon terbatas adalah :
  1.  Kita tidak dapat mengetahui apakah jawaban melalui assesmen respon terbatas ini murid benar benar mempunyai pengetahuan yang mendalam atau menerka saja.
  2.  Kita tidak dapat menjamin apakah jawaban merupakan jawaban kerja sama atau bukan
  3.  Membuat soal jenis assesmen respon terbatas untuk keempat jenis diatas adalah sangat sulit dan membutuhkan waktu yang cukup banyak.
  4.   Soal yang dibuat cenderung mengungkapkan ingatan dan daya pengenalan kembali
  5.   Membatasi tingkat kreatifitas murid dalam menjawab pertanyaan
  6. Tidak cukup untuk menjelaskan proses berfikir murid ketika kata kerja diatas biasanya menguji satu sasaran penalaran




C. Jenis-jenis Assesmen Respon Terbatas
                 Adapun teknik asesmen yang dapat digunakan yaitu respon terbatas (selected respon) yang termasuk di dalamnya bentuk tes pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan dan melengkapi,isian singkat.

1.  Tes Pilihan Ganda (Multiple Choice Tes)
Tes pilihan ganda merupakan salah satu bentuk penilaian objektif yang terdiri atas pertanyaan atau pernyataan yang belum selesai dan untuk menyelesaikannya harus memilih salah satu (atau lebih) dari kemungkinan respon yang telah disediakan pada tiap-tiap butir soal yang  bersangkutan (Anas,2009).Tes pilihan ganda terdiri atas dua bagian yaitu stem serta option respon. Stem adalah bagian pokok dari soal yang merumuskan isi soal. Stem ini bisa berbentuk pernyataan, perintah maupun kalimat tidak sempurna.  Option  respon atau pilihan jawaban terdiri atas satu jawaban benar dan beberapa dristactor
2.      Tes Benar Salah
Soal tes ini berbentuk kalimat berita atau pernyataan yang mengandung dua kemungkinan yaitu benar atau salah. Siswa diminta pendapatnya mengenai pertanyaan-pertanyaan yang menjadi isi dari setiap soal dengan membubuhkan tanda (simbol) tertentu atau mencoret huruf B jika menurut keyakinan mereka pernytaan itu benar, atau membubuhkan tanda (simbol) tertentu atau mencoret huruf S jika menurut keyakinan mereka pernyataan tersebut adalah salah.
3.      Tes Mencocokkan
Merupakkan bentuk khusus dari tes pilihan ganda. Terdiri atas satu seri pertanyaan dan satu seri jawaban. Masing-masing pertanyaan mempunyai jawaban dalam seri jawaban. Tugas murid adalah mencari dan menempatkan jawaban-jawaban sehingga sesuai dengan pertanyaan.
4.      Tes Isian Singkat
Adalah tes tertulis yang menuntut siswa untuk mengisi perkataan, ungkapan, atau kalimat pendek sebagai jawaban terhadap kalimat yang tidak lengkap, atau jawaban atas pertanyaan atau jawaban atas asosiasi yang harus dilakukan.

2.4 Pe
            Dalam mengembangkan Assesmen respon terbatas, kita harus mempertimbangkan faktor-faktor konteks assesmen dan kemudian mengembangkan tes yang sebenarnya. Kita harus mempertimbangkan faktor-faktor konteks sebelum mengembangkan format-format respon terbatas. Faktor-faktor konteks tersebut meliputi :
1     memastikan bahwa siswa memiliki level kecakapan membaca yang cukup tinggi untuk dapat memahami tes
2     Tes berkualitas tinggi telah dikembangkan dan tersedia untuk digunakan,
3     Jumlah siswa yang akan dinilai cukup besar, 
4     Cakupan sasaran prestasi luas,
5     Waktu yang memungkinkan siswa untuk merespon semua soal tes, dan
6     Dukungan komputer tersedia untuk membantu pengembangan soal, penyimpanan soal, pencetakan soal, dan pen skor an.








BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
            Berdasarkan pemaparan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa :
  •  Assesmen respon terbatas responas yaitu bentuk assesment dengan hanya satu pilihan jawaban yang tepat
  • Karena assesmen respon terbatas merupakan bentuk assesmen yang hanya dengan satu pilihan jawaban tepat, hal ini mempermudah guru untuk mengoreksi hasil evalusi siswa. Namun, penggunaan teknik assesmen ini terdapat pula kelemahannya yaitu guru sulit mengontrol pengetahuan yang dimiliki murid, karena penilaian melalui hasil evaluasi dalam bentuk soal tidak 100 persen meyakinkan dari hasil si anak belajar
  •  Adapun jenis jenis assesmen respon terbatas (selected respon) yaitu dalam bentuk tes pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan dan melengkapi,isian singkat.
  • Dalam melakukan pengembangan assesmen respon terbatas perlu memperhatikan 6 hal diantaranya : level kecapakan membaca, tes berkualitas tinggi, jumlah siswa, cakupan sasaran, waktu dan dukungan komputer




DAFTAR PUSTAKA

S LESTARI - academia.edu
http://repository.upi.edu/9395/2/s_sej_0807006_chapter1.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar